Minggu, 09 Oktober 2011

indahnya cinta



Mungkin kata cinta sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hampir setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik kita mendengar kata cinta. Namun apakah ada jaminan dengan seringnya kita mendengar kata cinta, lalu kita mengerti esensi dari pada kata cinta itu sendiri. Banyak penafsiran dan penjabaran atas arti cinta, mulai dari cinta orang tua kepada anak, cinta terhadap lawan jenis, bahkan sampai cinta seorang hamba kepada Tuhanya. Namun nampaknya saat ini cinta lebih dominan diartikan dalam hal hubungan antar lawan jenis.
Cinta bisa menimbulkan dampak positif dan negatif pada diri seseorang. Ibarat cinta adalah setetes embun yang jatuh di bumi yang subur, maka akan menumbuhkan aneka macam tumbuhan, bunga-bunga yang hidup damai dan sentosa. Itulah perumpamaan cinta yang bisa menimbulkan dampak dan motifasi positif. Namun apabila jatuh di tanah yang tandus dan gersang maka tidak akan ada tumbuhan yang bisa hidup disana hanyalah tumbuhan yang rapuh yang mungkin kirang sedap untuk dipandang. Perumpamaan itu adalah cinta yang tidak bisa memberikan dorongan motifasi positif.
Yang akan kita bahas kali ini adalah dampak positif dari pada cinta. Dari berbagai penuturan orang-orang yang pernah mengalami yang namanya cinta, ternyata cinta bisa menimbulkan dampak yang terkadang sulit untuk dinalar oleh pikiran manusia. Sedikitnya ada tiga dampak yang timbul dari rasa cinta yakni, menciptakan keindahan, memberi energi semangat untuk berjuang, dan memicu sebuah pengorbanan.
Pertama, cinta menimbulkan keindahan. Ketika seseorang sudah cinta kepada sesuatu, maka dalam anggapanya tidak akan ada cacat dari apa yang dia cintai, apapun darinya akan kelihatan indah. Ketika seseorang sudah cinta kepada perempuan maka apapun yang ada pada diri perempuan tersebut akan kelihatan indah, parasnya, suaranya, lenggang-lenggoknya dan lain sebagainya akan kelihatan indah.
Kedua, cinta memberi energi semangat untuk berjuang. Seperti halnya cinta dapat menimbulkan keindahan dimana apapun yang ada pada diri orang yang dicintai akan kelihatan indah. Pada dampak kedua ini seseorang akan timbul energi menimbulkan dorongan dan semangat, yang takut menjadi berani, yang lemah menjadi kuat, yang jauh menjadi dekat. Itulah energi yang diberikan oleh cinta.
Ketiga, cinta memicu sebuah pengorbanan. Ketika seseorang sudah cinta kepada seseorang atau sesuatu maka apapun akan rela dilakukan demi orang dan apa yang dia cintai. Walaupun terkadang apa yang dilakukan terkesan merugikan dan membahayakan. Namun apabila hati sudah diliputi rasa cinta, maka apapun akan dilakukan.
Mari kita bayangkan apabila ketiga dampak positif dari cinta ini bisa ditransfer dan diwujudkan dalam semangat hidup bertuhan dan beragama maka akan terasa sempurna-lah agama seseorang. Dimana ketika seseorang sudah menganggap indah terhadap ibadah, mempunyai energi semangat berjuang untuk beribadah dan rela berkorban untuk kepentingan agama. Subhanallah sungguh indah kehidupan beragama bila diliputi rasa cinta.... wallahu a`lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar